Pages

Sabtu, 04 Juni 2011

Pengertian Tentang Debian

 
APA itu Debian?
Proyek Debian adalah asosiasi dari individu-individu yang telah membuat penyebab umum untuk menciptakan sebuah sistem operasi bebas. Sistem operasi yang kami telah menciptakan disebut Debian GNU / Linux, atau hanya Debian untuk pendek.
Sebuah sistem operasi adalah seperangkat program dasar dan utilitas yang membuat menjalankan komputer Anda. Pada inti dari sebuah sistem operasi adalah kernel. Kernel adalah program yang paling mendasar di komputer dan melakukan semua dasar rumah tangga dan memungkinkan Anda memulai program lain.
sistem Debian saat ini menggunakan kernel Linux. Linux adalah bagian dari perangkat lunak dimulai oleh Linus Torvalds dan didukung oleh ribuan programmer seluruh dunia.
Namun, pekerjaan sedang dalam proses untuk memberikan Debian untuk kernel lainnya, terutama untuk Hurd. Hurd adalah kumpulan server yang berjalan di atas sebuah mikrokernel (seperti Mach) untuk mengimplementasikan fitur yang berbeda. Hurd adalah perangkat lunak bebas yang dihasilkan oleh proyek GNU.
Sebagian besar alat-alat dasar yang mengisi sistem operasi berasal dari proyek GNU, maka nama-nama: GNU / Linux dan GNU / Hurd. Alat-alat ini juga bebas.
Tentu saja, hal yang diinginkan orang adalah perangkat lunak aplikasi: program untuk membantu mereka mendapatkan apa yang mereka ingin lakukan dilakukan, dari mengedit dokumen untuk menjalankan bisnis untuk bermain game untuk menulis perangkat lunak lebih. Debian datang dengan lebih dari 29000 paket (software precompiled yang terbungkus dalam format yang bagus untuk memudahkan instalasi di mesin anda) - semuanya gratis.
Ini sedikit seperti sebuah menara. Pada dasar adalah kernel. Di atas yang semua alat dasar. Berikutnya adalah semua perangkat lunak yang Anda jalankan pada komputer. Di bagian atas menara adalah Debian - hati-hati mengatur dan segala sesuatu pas sehingga semuanya bekerja sama.Itu semua gratis?
Anda mungkin bertanya-tanya: mengapa orang menghabiskan jam waktu mereka sendiri untuk menulis perangkat lunak, paket itu hati-hati, dan kemudian memberikan semua itu? Jawaban sangat beragam seperti orang-orang yang berkontribusi. Beberapa orang ingin membantu orang lain. Banyak menulis program untuk mempelajari lebih lanjut tentang komputer. Semakin banyak orang mencari cara untuk menghindari harga yang melambung dari perangkat lunak. Sekelompok tumbuh berkontribusi sebagai ucapan terima kasih untuk semua perangkat lunak bebas yang besar yang mereka terima dari orang lain. Banyak di akademisi membuat perangkat lunak bebas untuk membantu mendapatkan hasil penelitian mereka ke dalam penggunaan yang lebih luas. Bisnis membantu memelihara perangkat lunak bebas sehingga mereka dapat memiliki suara dalam bagaimana mengembangkan - tidak ada cara cepat untuk mendapatkan fitur baru daripada untuk mengimplementasikan sendiri! Tentu saja, banyak dari kita hanya menemukannya sangat menyenangkan.
Debian sangat berkomitmen untuk software gratis yang kami pikir akan bermanfaat jika komitmen yang diformalkan dalam dokumen tertulis. Jadi, kami Kontrak Sosial lahir.
Meskipun Debian percaya pada perangkat lunak bebas, ada kasus di mana orang ingin atau perlu membuat perangkat lunak tidak bebas pada mesin mereka. Kapanpun Debian mungkin akan mendukung ini. Bahkan ada semakin banyak paket yang satu-satunya pekerjaan adalah dengan menginstal perangkat lunak tidak bebas menjadi sistem Debian.Anda mengatakan gratis, tapi CD / bandwidth membutuhkan biaya!
Anda mungkin bertanya: Jika perangkat lunak bebas, lalu mengapa saya harus membayar vendor untuk CD, atau membayar ISP untuk men-download?
Ketika membeli CD, Anda membayar untuk waktu seseorang, pengeluaran modal untuk membuat disk, dan risiko (dalam kasus mereka tidak menjual mereka semua). Dengan kata lain, Anda membayar untuk sebuah media fisik yang digunakan untuk mengirimkan perangkat lunak, bukan perangkat lunak itu sendiri.
Ketika kita menggunakan kata "bebas", kita mengacu kepada kebebasan software, bukan bahwa itu tanpa biaya. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang apa yang kita maksud dengan "perangkat lunak bebas" dan apa yang Free Software Foundation mengatakan tentang hal itu.Kebanyakan perangkat lunak biaya lebih dari 100 dollar AS. Bagaimana Anda bisa memberikannya?
Sebuah pertanyaan yang lebih baik adalah bagaimana perusahaan-perusahaan perangkat lunak pergi dengan pengisian begitu banyak? Software tidak seperti membuat mobil. Setelah Anda telah membuat satu salinan dari perangkat lunak Anda, produksi biaya untuk membuat satu juta lebih kecil (ada alasan yang baik Microsoft telah miliaran begitu banyak di bank).
Lihatlah cara lain: jika Anda memiliki kehabisan pasokan pasir di halaman belakang Anda, Anda mungkin bersedia untuk memberikan pasir pergi. Ini akan menjadi bodoh, meskipun, untuk membayar truk untuk mengambil kepada orang lain. Anda akan membuat mereka datang dan mendapatkan sendiri (setara dengan men-download off net) atau mereka dapat membayar orang lain untuk mengirimkannya ke pintu mereka (setara dengan membeli CD). Ini adalah persis bagaimana Debian beroperasi dan mengapa sebagian besar CD / DVD yang sangat murah (hanya sekitar 12 USD untuk 4 DVD).
Debian tidak membuat uang dari penjualan CD. Pada saat yang sama, uang diperlukan untuk membayar biaya seperti pendaftaran domain dan hardware. Dengan demikian, kami meminta Anda membeli dari salah satu vendor CD yang menyumbangkan sebagian dari pembelian Anda untuk Debian.Apa hardware yang didukung?
Debian akan berjalan di hampir semua komputer pribadi, termasuk model lama kebanyakan. Setiap rilis baru dari Debian umumnya mendukung lebih banyak arsitektur komputer. Untuk daftar lengkap yang saat ini didukung, lihat dokumentasi untuk rilis stabil.
Hampir semua hardware umum didukung. Jika Anda ingin untuk memastikan bahwa semua perangkat yang terhubung ke mesin Anda didukung, check out dari Linux Hardware Kompatibilitas HOWTO.
Ada beberapa perusahaan yang membuat dukungan sulit dengan tidak melepaskan spesifikasi untuk hardware mereka. Ini berarti Anda mungkin tidak dapat menggunakan perangkat keras mereka dengan GNU / Linux. Beberapa perusahaan menyediakan driver tidak bebas, tapi itu masalah karena perusahaan kemudian bisa keluar dari bisnis atau menghentikan dukungan untuk hardware yang anda miliki. Kami anjurkan anda untuk hanya membeli perangkat keras dari produsen yang menyediakan driver gratis untuk produk mereka.Saya sedang mencari informasi lebih lanjut.
Anda mungkin ingin memeriksa FAQ kami.Aku masih belum yakin.
Jangan mengambil kata kita untuk itu - mencoba sendiri Debian. Karena ruang hard disk menjadi lebih murah, Anda mungkin bisa cadang tentang 2GB. Jika Anda tidak ingin atau membutuhkan desktop grafis, 600MB sudah cukup. Debian dapat dengan mudah diinstalasi pada ruang ekstra dan dapat hidup berdampingan dengan OS yang ada. Jika Anda akhirnya membutuhkan ruang lebih banyak, Anda dapat menghapus salah satu OS Anda (dan setelah Anda melihat kekuatan sistem Debian, kami yakin Anda tidak akan menghapus Debian).
Sebagai mencoba sistem operasi baru akan mengambil sebagian waktu Anda yang berharga, dapat dimengerti bahwa Anda mungkin memiliki pemesanan. Untuk alasan ini kami mengumpulkan daftar pro dan kontra dari Debian. Hal ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda pikir it's worth it. Kami berharap anda akan menghargai kejujuran dan keterusterangan.Bagaimana cara mendapatkan Debian?
Hal yang paling populer untuk menginstal Debian dari CD yang dapat Anda beli untuk harga media di salah satu vendor kami banyak CD. Jika Anda memiliki akses internet yang baik, Anda dapat men-download dan menginstal Debian melalui Internet.
Silakan lihat halaman kami tentang mendapatkan Debian untuk informasi lebih lanjut.
Jika Anda belum, Anda mungkin ingin melihat pertama pada Linux Hardware Kompatibilitas HOWTO.
Jangan lupa untuk melihat melalui paket yang kami tawarkan (mudah-mudahan Anda tidak akan terintimidasi oleh banyaknya).Saya tidak dapat mengaturnya semua sendiri. Bagaimana cara mendapatkan dukungan untuk Debian?
Anda bisa mendapatkan bantuan dengan membaca dokumentasi yang tersedia baik di situs web kami dan anda dapat menginstal paket pada sistem anda. Anda juga dapat menghubungi kami melalui mailing list atau menggunakan IRC. Satu bahkan dapat menyewa konsultan untuk melakukan pekerjaan.
Silakan lihat dokumentasi kami dan halaman dukungan untuk informasi lebih lanjut.Siapa kalian semua itu?
Debian diproduksi oleh hampir seribu pengembang aktif yang tersebar di seluruh dunia yang relawan di waktu luang mereka. Beberapa pengembang telah benar-benar bertemu secara pribadi. Komunikasi dilakukan terutama melalui e-mail (mailing list di lists.debian.org) dan IRC (# channel debian di irc.debian.org).
Proyek Debian memiliki struktur hati-hati terorganisir. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana Debian terlihat dari dalam, jangan ragu untuk menelusuri sudut pengembang.Siapa yang menggunakan Debian?
Meskipun tidak ada statistik yang tepat yang tersedia (karena Debian tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar), bukti-bukti cukup kuat bahwa Debian digunakan oleh berbagai organisasi, besar dan kecil, serta ribuan orang. Lihat kami Siapa menggunakan Debian? halaman untuk daftar profil organisasi tinggi yang telah menyerahkan deskripsi singkat tentang bagaimana dan mengapa mereka menggunakan Debian.Bagaimana itu semua bisa dimulai?
Debian dimulai pada bulan Agustus 1993 oleh Ian Murdock, sebagai distribusi baru yang akan dilakukan secara terbuka, dalam semangat Linux dan GNU. Debian itu dimaksudkan untuk secara hati-hati dan sungguh-sungguh menempatkan bersama-sama, dan harus dipertahankan dan didukung dengan perawatan yang sama. Ini dimulai sebagai kelompok, kecil erat-merajut hacker Perangkat Lunak Bebas, dan secara bertahap berkembang menjadi komunitas, besar terorganisir dengan baik pengembang dan pengguna. Lihat sejarah rinci.
Karena banyak orang bertanya, Debian diucapkan / de.bi.ən /. Itu berasal dari nama-nama pencipta Debian, Ian Murdock, dan istrinya, Debra.


source : http://www.debian.org

1 komentar:

  1. ane baru tau kalau sejarahnya kayak gitu,, padahal ane juga pengguna turunan DEBIAN yaitu BlankOn

    BalasHapus